Blog

3 Jalur Impor Produk China yang Harus Diketahui Importir

3 Jalur Impor Produk China yang Harus Diketahui Importir

Untuk memulai langkah sebagai seorang importir produk dari Tiongkok, mengetahui jalur impor produk China merupakan hal penting. Sebab melalui jalur inilah barang-barang dari Negeri Tirai Bambu tersebut bisa masuk ke Indonesia.

Produk-produk asal Tiongkok ini laku keras di Tanah Air karena memiliki harga lebih murah dan kualitas yang lumayan baik. Oleh sebab itu, menjadi importir produk-produk tersebut akan bisa memberikan cuan cukup besar.

3 Jalur Impor Produk China Bagi Importir Pemula

Bagi Anda yang tertarik berbisnis barang China, dan bingung mau memulai dari mana bisa coba dengan meningkatkan pengetahuan terlebih dahulu. Salah satu pengetahuan yang penting adalah mengetahui jalur impor dari China ke Indonesia.

Untuk memulai bisnis impor pastikan menggunakan jalur pengiriman legal dengan perizinan lengkap agar perjalanan produk dari luar negeri hingga sampai ke Indonesia aman. Dengan demikian, dapat dijual dalam negeri tanpa menimbulkan masalah. Beberapa jalur impor yang legal dan bisa Anda gunakan adalah:

        1. Menggunakan Layanan Marketplace atau e-Commerce

Jalur impor produk China yang pertama adalah melalui marketplace atau e-commerce. Jangan salah, jalur ini sangat populer beberapa tahun terakhir dan umum digunakan oleh para pemula yang memiliki modal kecil.

Jika kebanyakan orang berselancar di marketplace untuk menemukan produk yang dijual dalam negeri, maka para importir berselancar mencari produk-produk dari China untuk dijual lagi di Indonesia.

Kemudahan mengakses marketplace dan e-commerce menjadikan berbelanja barang impor jadi lebih mudah. Bisa dengan mudah dan cepat, tanpa perlu datang langsung ke China untuk memilih barang.

Sekarang juga banyak pedagang atau produsen dari Tiongkok memasarkan produknya melalui marketplace atau e-commerce karena memang lebih mudah. Anda bisa menggunakan jalur impor produk China ini untuk pengiriman laut maupun udara.

Gunakan marketplace khusus untuk produk impor grosiran atau cari toko yang menjual barang dalam jumlah besar dengan harga grosir. Gabung di komunitas importir untuk dapat informasi mengenai marketplace yang tepat.

Selain memilih produk, bisa juga langsung menyetel jenis pengiriman digunakan. Jadi, menggunakan jalur impor marketplace atau e-commerce ini memang praktis dan memudahkan importir.

        2. Cara Tradisional Melalui Pelabuhan

Untuk jalur impor produk China berikutnya adalah menggunakan jalur tradisional yaitu melalui pelabuhan. Carangan dengan datang langsung atau menghubungi langsung pihak penjual di China lalu melakukan kesepakatan.

Hubungan bisa dilakukan dengan bertemu langsung, melalui komunikasi telepon, atau menggunakan surat elektronik. Atau mengubungi penjual melalui website atau toko online yang dimiliki.

Memang cukup repot karena harus menghubungi penjual secara langsung dan melakukan negosiasi, tapi akan cukup menguntungkan bagi importir karena mengenal langsung sellernya.

Dapat melakukan kesepakatan mulai dari harga produk, proses pengiriman dan lain sebagainya. Kebanyakan importir dengan modal besar menggunakan cara ini untuk mengimpor barang, sebab lebih lancar dan kualitas produk lebih terjamin.

Untuk melakukan kerjasama jangka panjang jalur pelabuhan ini paling aman digunakan. Karena akan memastikan harga, kualitas dan kuantitas produk, juga kelancaran proses impor lainnya.

        3. Melalui Jalur Pribadi

Jalur impor produk China terakhir adalah menggunakan jalur pribadi, yaitu datang langsung ke luar negeri mendatangi produsen untuk membeli barang. Kemudahan akses transportasi menjadikan cara ini cukup mudah dilakukan.

Jika Anda menginginkan produk yang benar-benar berkualitas dan terjamin, maka datang langsung ke produsen paling bagus dilakukan. Dengan mendatangi langsung produsen bisa melihat produk serta proses pembuatannya.

Bisa memilih sendiri produk terbaik dan mengatur jalur pengirimannya sehingga benar-benar aman sampai ke Indonesia. Untuk bisnis skala kecil memang sangat baik, apalagi jika suka traveling.

Akan tetapi, satu hal harus diperhatikan yaitu kebijakan pajak dan bea cukai saat membawa barang masuk ke Indonesia. Jangan sampai barang tertahan atau harga cukainya terlalu mahal, karena akan sangat merugikan Anda sebagai penjual.

Memulai bisnis sebagai importir perlu memahami channel mana saja bisa dipakai untuk mengimpor barang, terutama jika ingin mengimpor barang tertentu. Jadi, pastikan tahun mana saja jalur impor produk China bisa digunakan dan pilih yang paling tepat untuk Anda.


Leave a Reply