Blog

Langkah Menjadi Importir Barang China dengan Cepat dan Mudah

Langkah Menjadi Importir Barang China dengan Cepat dan Mudah

Memulai bisnis dengan menjadi importir barang China saat ini merupakan hal yang mudah dilakukan. Akan tetapi, jika tidak tahu langkahnya tetap akan menyulitkan, apalagi jika memulai dari nol.

Apabila salah langkah, bukannya jadi pebisnis sukses malah harus menelan kerugian. Oleh sebab itu, harus mempelajari caranya dari nol dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat agar bisa menghasilkan cuan.

5 Langkah Mudah Menjadi Importir Barang China

Produk-produk China di Indonesia memang laku keras, selain murah juga kualitasnya bisa dikatakan baik. Mulai dari pakaian hingga barang elektronik dari negeri Tiongkok ini diperdagangkan di Indonesia.

Adalah jasa para importir yang membuat produk-produk ini bisa berada di pasar Indonesia. Menjadi importir produk laku seperti ini memang sangat menguntungkan, hasilnya bisa mencapai ratusan juta per bulan. Anda tertarik untuk mencoba usaha satu ini, coba simak langkah-langkahnya berikut ini:

        1. Pilih Dulu Jenis Produk Ingin Dijual

Langkah pertama menjadi importir barang China adalah menentukan produk apa ingin dijual. Misalnya, ingin berjualan produk elektronik, aksesoris, pakaian, atau buah-buahan.

Tentukan dahulu mana produk ingin di pasarkan dan cek apakah produk tersebut akan laku di wilayah Anda. Kemudian cek pesaing juga, apakah sudah ada yang berjualan produk sama dari China di kota Anda.

Dengan menentukan barangnya, bisa menentukan jumlah modal diperlukan untuk memulai usaha tersebut. Intinya, buat perencanaan matang terlebih dahulu.

        2. Gabung dengan Komunitas Importir

Langkah kedua untuk menjadi importir barang China sukses adalah bergabung dalam komunitas importir. Di Indonesia sudah banyak komunitas seperti ini dan cukup mudah ditemukan.

Untuk masuk ke dalam komunitas biasanya diperlukan biaya, mulai dari Rp3 jutaan untuk menjadi anggota. Meskipun perlu mengeluarkan biaya, tidak akan rugi bergabung dalam komunitas.

Sebab komunitas dapat membantu menemukan supplier barang impor yang lebih murah, terjangkau, juga berkualitas. Jadi, akan sangat membantu saat memulai usaha.

        3. Pelajari dan Pahami Prosedur Pengiriman Barang

Langkah berikutnya adalah mempelajari bagaimana prosedur pengiriman barang dari China ke Indonesia. Ada aturan barang apa saja boleh diimpor, bagaimana mekanismenya, dan dokumen apa saja harus dilengkapi apabila ingin impor barang.

Memang awalnya membutuhkan waktu untuk belajar, tapi setelah memahaminya maka akan mengerti bahwa kunci dari impor barang tidak terlalu sulit.

Ada beberapa hal penting harus diperhatikan saat impor produk luar. Pastikan memilih jasa freight forward yang lebih mudah dan menggunakan asuransi agar lebih aman saat usaha impor barang dari China.

        4. Siapkan Dokumen Perizinan

Langkah menjadi importir barang China selanjutnya adalah memastikan bahwa semua dokumen perizinan sebagai importir dimiliki. Dokumen yang harus dimiliki sudah tercatat dalam Peraturan Menteri Keuangan.

Dokumen tersebut di antaranya Nomor Identitas Kepabeanan (NIK), Angka Pengenal Importir (API), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan berbagai dokumen lainnya.

Surat-surat tersebut kebanyakan harus diurus melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Kementerian Keuangan. Jadi, pastikan tahu dokumen apa harus dimiliki dan mulai mengajukan pendaftaran ke lembaga yang bersangkutan.

        5. Mempelajari Bahasa Asing

Untuk menjadi importir barang China apakah perlu mempelajari bahasa Mandarin? Sebenarnya, tidak wajib harus bisa bahasa Mandarin, tapi memang perlu keterampilan berbahasa asing agar lebih mudah berkomunikasi.

Paling tidak, Anda harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, berupa writing, listening, dan reading. Untuk mempermudah memahami dokumen-dokumen impor yang menggunakan bahasa asing.

Bisa juga menggunakan jasa translator, tapi ini mungkin akan membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit.

Sudah tahu apa saja langkah untuk menjadi importir barang China, maka akan lebih mudah bagi memulai usaha, pastikan setiap langkah dilakukan dengan baik agar hasilnya berupa keuntungan besar untuk Anda.


Leave a Reply